Dari Mana Datangnya Rasa Malas?

Malas, Rasa Malas, Cerita, Boring, Motivasi, Inspirasi, Renungan

Studi dan penelitian tentang kemalasan berikut ini bisa jadi mengagetkan. Sebab, banyak hal yang biasa kita lakukan, ternyata memicu kemalasan. Apa saja?

Banyak orang kerap merasa malas dalam melakukan suatu hal. Ada banyak pula alasan mengapa mereka melakukan hal tersebut. Dari karena merasa belum segera perlu menyelesaikan pekerjaan, karena tidak mendapat imbalan yang sepadan, hingga hanya karena “ingin” malas. Bagaimana dengan Anda?

Apa pun yang pernah kita rasakan seputar kemalasan, sebenarnya semua itu ada dalam diri kita sendiri untuk memutuskan. Kendali ada di tangan kita sendiri. Sebab, kita yang punya kuasa penuh, apakah hendak malas atau segera memenuhi tugas.

Tapi, di balik semua keputusan yang kita ambil seputar kemalasan, ternyata ada berbagai penelitian yang mengungkap bahwa sikap malas diakibatkan oleh beberapa hal. Dan, bisa jadi hal-hal tersebut adalah hal yang tak Anda duga sebelumnya, atau mungkin malah sudah kerap Anda lakukan tanpa disadari. Apa saja faktor penyebab rasa malas berdasar beberapa studi?

• Kebiasaan merokok

Satu lagi dampak negatif dari merokok. Selain merusak kesehatan, merokok ternyata juga “merusak mental” dengan membuat orang gampang malas. Sebuah studi yang dilakukan oleh Oliver Howes, Ph.D dan timnya di Hammersmith Hospital di London menemukan sebuah fakta, bahwa merokok bisa mengurangi hormon dopamine dalam tubuh. Dengan menggunakan alat scanner positron emission tomography (PET), mereka meneliti orang yang terbiasa merokok dan hanya merokok beberapa kali dalam hidupnya. Terbukti, produksi hormon dopamine — yakni hormon yang punya fungsi memacu semangat dan meningkatkan kinerja — jadi lebih sedikit pada mereka yang kerap merokok.

• Penggunaan media sosial

Filosof Edward de Bono, yang terkenal dengan bukunya Six Thinking Hat dan banyak melakukan penelitian seputar pikiran, mengatakan bahwa media sosial membuat orang cenderung berhenti dari kebiasaan memiliki pikiran sendiri. Dengan tegas ia mengatakan, bahwa di era media sosial, banyak orang mudah mendapat informasi sehingga kurang bisa mengeksplorasi informasi yang dikembangkannya sendiri. Di era media sosial, seseorang dengan mudah bisa mendapat informasi dari orang lain, dari yang orang katakan, dan seterusnya. Hal inilah yang mengakibatkan seseorang jadi “malas” berpikir. Yang ujungnya, akan kontraproduktif terhadap dirinya sendiri.

• Kebiasaan makan junkfood

Memakan makanan yang diproses cepat atau kerap kita kenal sebagai junkfood punya banyak dampak merugikan. Selain bisa memicu kegemukan, sebuah penelitian lain menemukan fakta, bahwa banyak makan junkfood bisa membuat seseorang malas. Ahli biologi dari UCLA California, Aaron Blaisdell melakukan penelitian dan menyebut bahwa dalam jangka panjang, selain tidak baik untuk kesehatan, makanan cepat saji bisa membuat motivasi menurun dan akhirnya membuat orang lebih malas. Dari penelitian ini barangkali bisa dipahami, mengapa orang kegemukan cenderung malas bergerak.

• Keturunan

Studi ini memang masih belum dicoba pada manusia, melainkan pada tikus yang dianggap memiliki model genetika seperti manusia.

Profesor Frank Booth dan koleganya di University of Missouri Amerika, melakukan pengamatan terhadap puluhan tikus yang diberi perlakuan berbeda dan diamati perkembangbiakannya. Dari tikus yang paling aktif dan tikus yang paling malas, setelah dikembangbiakkan hingga 10 keturunan, dari tikus yang aktif membuahkan keturunan yang 10 kali lipat lebih aktif daripada yang malas. Menurut Profesor Booth, hal tersebut bisa menjadi indikasi awal bahwa sifat aktif dan malas adalah sesuatu yang diturunkan secara genetika.

Selain hasil penelitian tersebut, kita mungkin juga bisa melihat kondisi apa yang kadang membuat kita malas. Salah satunya teknologi. Coba kita tengok. Teknologi televisi membuat kita tinggal duduk manis di sofa dan memencet tombol remote seenaknya. Nyaris tanpa gerakan, sehingga tanpa terasa kita jadi malas bergerak. Lihat juga misalnya dengan kemajuan teknologi transportasi. Untuk jalan kaki dalam jarak dekat saja kadang kita lebih memilih menggunakan kendaraan bermotor. Saat memasak pun begitu. Dulu kita mengolah bumbu masak dengan tangan sendiri. Kini, dengan mudah kita dibantu blender, juicer, hingga microwave. Semua itu kadang membuat kita jadi malas. Intinya, kepraktisan dan pola pikir instan kadang membuat kita cenderung lebih malas.

Jadi, bisa dikatakan, malas adalah soal mentalitas, apakah mau kita turuti atau kita lawan. Semua keputusan ada di tangan kita.

0 Response to "Dari Mana Datangnya Rasa Malas?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel